Pada masa kini, berbisnis via digital lebih mudah dan murah. Tidak hanya sekadar menjual produk melainkan juga distribusi barang. Oleh karena itu, tidak heran apabila pebisnis memanfaatkan aplikasi distribusi untuk meningkatkan efisiensi.
Selain itu, kehadiran aplikasi tersebut juga mampu mengurangi human error. Hal ini disebabkan seluruh proses distribusi terekam dalam aplikasi. Pebisnis hanya perlu memantau dari layar kaca dan menerima laporan atau analitik secara real time.
Dengan demikian, kehadiran aplikasi distribusi menjadi bermanfaat bagi bisnis. Artikel di bawah ini mengulas tentang pengertian, fungsi, manfaat hingga contohnya. Selengkapnya simak di sini.
Pengertian Aplikasi Distribusi
Secara umum, aplikasi distribusi adalah software atau perangkat lunak yang dibuat untuk optimalisasi distribusi barang atau produk. Aplikasi ini sangat berguna bagi pebisnis sehingga memudahkan pebisnis dalam memantau bisnis.
Kendala pebisnis dalam pendistribusian produk adalah pencatatannya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pebisnis tidak perlu khawatir karena pencatatan produk rapi dan detail. Sehingga mampu meminimalisir kesalahan manusia dalam mencatat produk.
Fungsi Aplikasi Distribusi
Ada empat fungsi dalam aplikasi distribusi, yaitu:
- Pengelolaan Stok
Jika bisnis Anda bergerak dalam bidang food and beverages, akan ada produk yang menuju kadaluarsa, segar, dan memang sudah kadaluarsa. Anda perlu melakukan pencatatan stok agar jangan sampai stok kadaluarsa justru dikirim ke pelanggan.
Dengan adanya aplikasi tersebut, hal-hal di atas dapat dihindari dengan tepat.
- Pelacakan Pesanan
Dari aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui produk bisnis sudah sampai di tangan siapa. Apakah masih berada di perjalanan atau telah tiba di tangan pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa segera merespons pertanyaan-pertanyaan pelanggan mengenai pesanan produknya.
- Manajemen Penjualan
Kehadiran aplikasi distribusi memang membuat segala hal dalam bisnis menjadi lebih efisien. Salah satunya adalah manajemen penjualan. Oleh karena aplikasi ini dapat memantau stok, Anda bisa tahu mana produk yang sudah keluar dan perlu segera restock.
Maka dari itu, Anda bisa membuat skala prioritas mengenai produk mana yang cocok di tangan pelanggan. Selain itu, juga membuat strategi marketing untuk kedepannya.
- Pengiriman dan Penagihan
Pengiriman melalui kurir bisa saja terhambat karena ada hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, pelanggan tidak perlu khawatir karena segala catatan perjalanan terekam dengan baik di aplikasi tersebut.
Selain itu, apabila ada produk yang belum terbayarkan, aplikasi ini akan mencatat tagihan dan segera memberikan notifikasi ke pelanggan agar segera membayarnya.
Manfaat Aplikasi Distribusi
Ada beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi ini, yaitu:
- Mengurangi Kesalahan Manusia
Kesalahan manusia dalam menjalankan sistem atau pekerjaan bisa saja terjadi. Apalagi jika pekerjaannya, berkaitan dengan distribusi. Oleh karena itu, untuk mengurangi human error, ada baiknya bisnis menerapkan aplikasi tersebut.
Sehingga segala pencatatan dapat terekam dan Anda memiliki histori di tiap aktivitas distribusi.
- Meningkatkan Efisiensi
Hal-hal yang bisa Anda peroleh ketika menerapkan aplikasi ini adalah bisnis menjadi lebih efisien. Sebab, mampu menyederhanakan proses distribusi dan menghemat waktu yang diperlukan dari berbagai aktivitas.
- Optimalisasi Biaya
Proses distribusi telah menjadi sederhana. Kemudian, ada penghematan waktu maka manfaat selanjutnya adalah optimalisasi biaya. Sebab, adanya aplikasi ini mampu mengelola stok secara efektif dan memonitor angka penjualan.
Rekomendasi Aplikasi Distribusi Terbaik
Mengelola distribusi kini semakin mudah dengan kehadiran berbagai aplikasi canggih. Untuk membantu Anda memilih solusi terbaik, berikut ini ulasan lima aplikasi distribusi unggulan di Indonesia lengkap dengan fitur, kelebihan, dan kekurangannya.
1. Inovasy – Solusi Distribusi Paling Komprehensif
Sebagai solusi distribusi berbasis cloud, Inovasy mendukung bisnis dalam memantau dan mengelola seluruh proses distribusi secara real-time, dari penjualan, pengiriman, hingga keuangan. Sistemnya dirancang untuk memberikan efisiensi dan akurasi tinggi dalam satu platform.
Fitur Unggulan:
- Manajemen penjualan dan laporan penjualan lengkap
- Penjadwalan dan penugasan pengiriman otomatis
- Manajemen stok dengan peringatan minimum
- Manajemen konsinyasi dan keuangan otomatis
- Dashboard real-time dan analisa tren penjualan
Kelebihan & Kekurangan Inovasy
Kelebihan |
Kekurangan |
|
|
2. Simplidots
Simplidots adalah aplikasi distribusi berbasis cloud yang memungkinkan pengelolaan distribusi langsung dari perangkat mobile. Fokus utamanya adalah fleksibilitas dan kemudahan monitoring stok.
Fitur Unggulan:
- Fitur penjualan dan pembelian
- Business Intelligence
- Manajemen promosi dan pengiriman
- Analisis data inventori
Kelebihan & Kekurangan Simplidots
Kelebihan |
Kekurangan |
|
|
3. Distri.id
Distri.id menawarkan aplikasi distribusi sederhana dan efisien, sangat cocok untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Penggunaan sistem ini cukup praktis dan terfokus pada efisiensi operasional.
Fitur Unggulan:
- Pemenuhan pesanan dan pelacakan kurir otomatis
- Manajemen inventori dan pengelolaan faktur
- Dashboard analisis bisnis dan pengembalian barang
Kelebihan & Kekurangan Distri.id
Kelebihan |
Kekurangan |
|
|
4. Advotics
Advotics terkenal sebagai platform distribusi yang kuat untuk bisnis dengan jaringan logistik dan penjualan yang besar dan kompleks. Fitur-fitur seperti pelacakan aktivitas sales di lapangan sangat membantu perusahaan dengan banyak agen atau distributor.
Fitur Unggulan:
- Digitalisasi proses distribusi multi-layer
- Integrasi order, invoice, dan pelacakan
- Sistem workforce management untuk tim lapangan
Kelebihan & Kekurangan Advotics
Kelebihan |
Kekurangan |
|
|
5. Mekari Qontak
Mekari Qontak menyatukan fungsi CRM dan distribusi, memungkinkan pelaku usaha menjaga hubungan pelanggan sekaligus memantau alur distribusi. Sistem ini juga mendukung integrasi dengan WhatsApp API.
Fitur Unggulan:
- CRM dengan database prospek dan pelanggan
- Manajemen distribusi & penjualan
- Analisis performa dan kustomisasi laporan
Kelebihan & Kekurangan Mekari Qontak
Kelebihan |
Kekurangan |
|
|
Kesimpulan
Sebagai aplikasi, Inovasy tidak hanya meningkatkan interaksi pelanggan, mengelola data pelanggan melainkan juga mampu mengkonversi menjadi angka penjualan.
Jika Anda menginginkan sistem manajemen distribusi yang menyeluruh, fleksibel, dan mendukung pertumbuhan jangka panjang, Inovasy adalah jawabannya. Dengan fitur lengkap dan kemampuan analisa data secara real-time, Inovasy memberikan keunggulan strategis untuk bisnis distribusi modern.