Manajemen distribusi adalah bagian penting dari rantai pasokan. Setidaknya ada proses yang harus dilalui dalam sebuah manajemen tersebut, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penyaluran. Tugasnya memastikan produk dari produsen sampai ke konsumen akhir.
Akan tetapi, tidak semua pebisnis mampu melakukan manajemen distribusi yang baik dan benar. Bahkan, tidak mampu efisien. Hal-hal seperti ini yang semestinya harus ada pembenahan. Selain agar produk bisa sampai lebih cepat ke konsumen, prosesnya tidak ribet dan bisa lebih sederhana.
Oleh karena itu, agar pebisnis mengetahui manajemen distribusi lebih dalam, artikel di bawah ini mengulasnya hingga tuntas. Mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, faktor-faktor yang mendukung, hingga tips memilih sistem manajemen distribusi.
Apa Itu Manajemen Distribusi?
Secara garis besar, manajemen distribusi adalah proses perencanaan, pelaksanaan, penyaluran, dan pengendalian produk atau jasa. Tujuannya agar produk tersebut bisa sampai konsumen tepat waktu dan di lokasi yang tepat.
Hampir setiap bisnis pasti berusaha melakukan perencanaan yang tepat. Namun, dalam perjalanannya, tidak semuanya dapat dilalui dengan mudah. Ada tantangan dan kendala dalam setiap distribusi tersebut.
Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dan mengubah tantangan menjadi keuntungan, proses distribusi harus rapi dan detail. Ketika sistem distribusinya telah terbentuk maka bisnis akan jalan dengan sendirinya.
Fungsi Manajemen Distribusi
Setelah memahami pengertian, Anda perlu mengetahui bagaimana fungsinya, yaitu:
- Perencanaan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah perencanaan. Anda bisa merencanakan langkah distribusi yang efisien. Mulai dari jalur pengiriman, saluran distribusi yang tepat hingga jenis transportasi yang akan digunakan.
- Pelaksanaan
Usai melakukan perencanaan, Anda bisa melaksanakan distribusi. Maka dari itu, Anda dapat melakukan manajemen gudang, inventaris barang, hingga pendistribusian.
- Penyaluran
Fungsi yang ketiga adalah Anda perlu memastikan bahwa produk Anda tersampaikan kepada konsumen secara tepat dan cepat.
- Pengendalian
Fungsi terakhir yang tidak kalah penting adalah pengendalian. Artinya, perlu pengawasan secara menyeluruh. Ketika produk tidak sampai kepada konsumen secara tepat dan cepat, Anda perlu melakukan evaluasi dengan benar.
Manfaat Manajemen Distribusi
Setidaknya ada empat manajemen distribusi yang perlu Anda tahu, yaitu:
- Meminimalisir Biaya
Manfaat pertama yang perlu Anda tahu adalah meminimalisir atau menghemat biaya. Jika Anda mampu melakukan manajemen distribusi dengan tepat, Anda bisa menghemat biaya operasional seperti transportasi dan inventory.
- Memperbesar Jangkauan Pasar
Ada penghematan biaya bukan berarti Anda tidak mampu menjangkau pasar yang lebih besar. Justru Anda memiliki peluang yang lebih banyak. Sebab, Anda bisa menjangkau pasar atau daerah yang sebelumnya tidak pernah tersentuh.
- Meningkatkan Daya Saing
Adanya sistem distribusi yang teratur maka memudahkan Anda untuk menawarkan produk lebih banyak. Bukan hanya sekadar jumlah produk melainkan juga harga yang kompetitif. Selain itu, juga menawarkan kualitas yang baik.
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Ketika Anda mampu memastikan seluruh produk di tangan konsumen secara cepat dan tepat maka akan meningkatkan pula kepuasan pelanggan.
Faktor-faktor Pendukung Manajemen Distribusi
Ada beberapa faktor yang mendukung dalam manajemen distribusi, di antaranya:
- Karakteristik Produk
Apa jenis produk Anda? Berapa volume produk bisnis Anda? Apakah kecil atau besar? Sebab, dengan jenis dan volume produk yang berbeda akan menentukan saluran distribusinya.
- Pertimbangan Pasar
Sebelum memutuskan mana saluran distribusi yang tepat, cek terlebih dahulu pasar Anda. Bagaimana lokasinya, siapa yang menjadi target pasar, dan kebutuhan calon pelanggan. Dengan demikian, lebih mudah bagi Anda untuk mendistribusikan produk.
- Biaya Distribusi
Hal yang sederhana namun Anda memerlukan banyak pertimbangan adalah biaya distribusi. Sebab, cakupannya adalah biaya operasional. Ketika mampu menghemat biaya operasional maka Anda bisa mendapatkan profit yang lebih baik.
- Target Pasar
Tentu saja Anda akan lebih mudah menemukan target pasar. Yang perlu Anda tahu adalah setiap target pasar memiliki karakteristik tertentu. Sehingga saluran distribusinya pun bisa berbeda.
- Kondisi Pasar
Pebisnis perlu gerak cepat untuk mengetahui dan memahami situasi serta kondisi pasar. Sebagai contoh, apakah ada perubahan perilaku konsumen, persaingan harga produk, hingga tren pertumbuhan ekonomi terkini.
- Pemanfaatan Teknologi
Tidak bisa dimungkiri bahwa pemanfaatan teknologi untuk saluran distribusi sangat baik. Apalagi jika Anda mampu mengolahnya dalam sistem digital. Sehingga, Anda cukup memantau dari layar apakah distribusi produk mengalami kendala atau berjalan sesuai rencana.
Tips Memilih Sistem Manajemen Distribusi
Setelah Anda memahami fungsi, manfaat, hingga faktor-faktor pendukung, Anda perlu mengetahui tips memilih sistem manajemen tersebut, yaitu:
- Keamanan Data
Di tengah kemajuan teknologi yang berkembang pesat, keamanan data bisa menjadi rentan. Meskipun sistem digital bisa mengamankan data dengan baik, tetapi bukan tidak mungkin bisa diretas.
Maka dari itu, Anda perlu pertimbangkan dengan baik, khususnya keamanan data, dalam memilih sistem tersebut.
- Fleksibilitas
Kondisi lapangan seringkali berbeda dengan perencanaan. Maka dari itu, meskipun Anda telah melakukan pelaksanaan, Anda juga perlu pengendalian. Dengan demikian, sistem distribusinya mampu adaptif dengan perubahan di lapangan.
- Analitik Real-Time
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kondisi lapangan akan memberikan laporan terkini. Maka dari itu, sistem manajemen harus update secara real time untuk mendapatkan info terkini. Sehingga, Anda bisa saja mengambil kebijakan secara temporary.
- Adaptif terhadap Perubahan Pasar
Fleksibel berbanding lurus dengan adaptif. Pebisnis bisa berencana, tapi situasi di lapangan bisa berubah. Bahkan tidak hanya jangka panjang melainkan jangka pendek. Maka, adaptif terhadap perubahan Pasar menjadi suatu keharusan.
Ketika Anda memahami bagaimana manajemen distribusi bekerja maka Anda bisa mengimplementasikannya pada bisnis. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat sistem distribusi beralih dari manual ke digital. Dengan digitalisasi maka memudahkan Anda untuk mendapatkan analitik secara real time.
Sebagai penyedia sistem manajemen distribusi, Inovasy menyediakan solusi manajemen yang berbasis cloud sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.
Diskusikan kebutuhan distribusi bisnis Anda dengan Inovasy sekarang.